Sistem Pernapasan Ikan

Respirasi pada ikan atau organisme apa pun yang hidup di air sangat berbeda dengan manusia. Organisme seperti ikan, yang hidup di air, membutuhkan oksigen untuk bernafas sehingga sel-sel mereka dapat mempertahankan kehidupan mereka.

Untuk melakukan fungsi pernapasannya, ikan memiliki organ khusus yang membantu mereka menghirup oksigen yang larut dalam air.

Respirasi Pada Ikan

Respirasi pada ikan dilakukan dengan bantuan insang. Kebanyakan ikan memiliki insang di kedua sisi kepalanya. Insang adalah jaringan yang terbuat dari struktur berbulu yang disebut filamen insang yang menyediakan area permukaan besar untuk pertukaran gas.

Area permukaan yang besar sangat penting untuk pertukaran gas dalam organisme akuatik karena air mengandung sangat sedikit oksigen terlarut.

Filamen dalam insang ikan diatur dalam baris di lengkung insang. Setiap filamen berisi lamella, yang merupakan cakram yang disuplai dengan kapiler.

Darah masuk dan meninggalkan insang melalui pembuluh darah kecil ini. Meskipun insang pada ikan hanya menempati sebagian kecil dari tubuh mereka, permukaan pernapasan yang sangat besar yang diciptakan oleh filamen memberi seluruh organisme dengan pertukaran gas yang efisien.

Ikan mengambil air yang kaya oksigen melalui mulut mereka dan memompanya di atas insang mereka. Ketika air melewati filamen insang, darah di dalam jaringan kapiler mengambil oksigen terlarut.

Sistem peredaran darah kemudian mengangkut oksigen ke semua jaringan tubuh dan akhirnya ke sel. Sementara mengambil karbon dioksida, yang dikeluarkan dari tubuh melalui insang.

Setelah air mengalir melalui insang, ia keluar dari tubuh ikan melalui lubang di sisi tenggorokan atau melalui operculum, lipatan, biasanya ditemukan pada ikan bertulang, yang menutupi dan melindungi insang ikan.

Beberapa ikan, seperti hiu dan lamprey, memiliki banyak bukaan insang. Namun, ikan bertulang seperti Rohu, memiliki lubang insang tunggal di setiap sisinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *