Cara Memperkirakan Perhitungan Harga Kusen Aluminium

gambar kusen aluminium tangerang

Kusen Aluminium – Kusen adalah rangka yang terbuat dari balok kayu atau bahan lainnya, seperti aluminium yang dihubungkan sedemikian rupa sesuai dengan kaidah konstruksi bangunan. Kusen digunakan untuk perletakan daun pintu, jendela, kaca, dan terali. Bentuk dan variasi kusen dapat menambah keindahan dari suatu bangunan. Saat ini yang paling banyak digemari adalah kusen aluminium.

Ingin memasang kusen aluminium untuk bangunan rumah ataupun gedung yang anda miliki? Maka, anda perlu memperkirakan perhitungan harga pemasangan kusen aluminiumnya. Mengapa begitu? Karena, ini penting untuk mempersiapkan budget yang dibutuhkan dalam pemasangan kusen aluminium Tangerang.

Untuk memperkirakan biaya pemasangan kusen aluminium, anda mesti tahu dahulu ukuran lokasinya. Maka, perlu dilakukan pengukuran secara tepat. Lalu, setelah mengetahui ukuran lokasi selanjutnya bisa menghitung biaya kusen aluminium. Perhitungan pengukuran yang dibutuhkan yaitu lebar dan tinggi tiang serta ambang pada kusen aluminiumnya. Ukuran panjang dan ketebalan dari kusen aluminium merupakan hal pertama yang mempengaruhi harga kusennya. 

Mengetahui Ukuran Kusen Aluminium

Berdasarkan standar ISO (The International Organization for Standardization), untuk mendapatkan kekuatan yang baik tapi tidak menjadi pemborosan material, ketebalan standard kusen aluminium adalah 1 mm dengan memiliki berat jenis 0,529 kg/m. Biasanya, harga kusen untuk pintu maupun jendela aluminium berbeda sesuai dengan ukuran dan warna kusen aluminiumnya. Hitung-hitungannya dengan ketebalan dan berat tersebut, maka berat 1 batang kusen 6 meter adalah 6 m x 0,529 kg/m = 3,174 kg. Lalu, bandingkan dengan kusen banci yang ada di pasaran dengan ketebalan yang kurang dari 1 mm. Kusen aluminium yang memiliki ketebalan 0,7 mm mengalami pengurangan berat sebesar 30 % dari barang yang seharusnya. Hal tersebut tentunya turut mempengaruhi penurunan kualitasnya sebesar 30 %. Sehingga, harganya pun akan ikut turun sebesar kurang lebih 30 %. Sebab, beda warna dan jenisnya, maka beda pula harganya. Inilah yang kadang-kadang membuat banyak konsumen awam terjebak dengan harga murah tapi rendah kualitasnya. 

Jadi, perhitungan haruslah tepat supaya tidak salah perhitungan yang membebankan pada pengeluaran tambahan dari rencana awalnya. Serta, supaya tidak rugi kedepannya nanti. Sebab, kusen pintu dan jendela haruslah cukup kuat untuk menopang berat pintu ataupun jendelanya, karena engsel yang terpasang pada kusen. Kualitas kusen yang buruk berpengaruh juga terhadap harganya di pasaran. Jika anda salah memilih kualitas yang buruk, maka tentunya anda sendiri nantinya yang rugi.

Harga Kusen Aluminium Tergantung Pada Model Kusen

Harga kusen aluminium juga berbeda sesuai model desain kusennya. Ada banyak macam jenis kusen aluminium berdasarkan modelnya, baik itu untuk kusen jendela maupun kusen pintu. Contohnya; kusen jendela aluminum sliding, kusen jendela swing, kusen pintu sliding, kusen pintu swing, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, bahan finishing yang digunakan pada kusennya juga mempengaruhi harga kusen aluminium di pasaran. Finishing yang berkualitas juga bisa mempengaruhi kualitas dari kusen aluminiumnya sehingga juga memiliki pengaruh pada harga kusennya.

Setelah memilih kusen dari bahan aluminium yang tepat yang anda butuhkan, selanjutnya adalah tahap pemasangan kusennya. Pemasangannya harus benar-benar memperhatikan pada fungsi kusennya pada bangunannya. Jadi, harus ditempatkan secara cermat, yaitu harus tegak lurus, dan harus mempunyai tinggi yang sama dengan kusen-kusen yang lainnya. Sebelum dipasang, dinding sudah di plester atau aci atau di-cat (Finishing) karena kusen aluminium adalah tahap akhir. Diperlukan tukang yang ahli untuk melakukannya. Karena, dinding harus rata (presisi) atas bawah kiri kanan. Ini juga dapat menambah budget yang dikeluarkan untuk harga pemasangan kusennya. 

Demikian sekilas info yang dapat disampaikan oleh kusen aluminium Tangerang dan jendela aluminium Tangerang tentang cara memperkirakan perhitungan harga pembelian dan pemasangan kusen aluminium. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *